Rabu, 03 Juni 2020

Tips Yang Tepat Untuk Pendaki Pemula

Kegiatan mendaki gunung adalah dimana seseorang yang berjalan dengan tujuan untuk ke puncak gunung yang dituju. Mendaki gunung menjadi trend dikalangan anak muda jaman sekarang , banyak diantara pendaki pemula yang mempunyai niat untuk menaiki puncak gunung yang ada di Indonesia bahkan mancanegara. Indonesia sendiri mempunyai gunung tinggi dan indah yang menarik turis asing untuk datang dan mendaki gunung di Indonesia. Gunung yang ada di Indonesia rata-rata masih aktif dan terjal tergantung kondisi gunung tersebut dan memerlukan alat-alat yang cukup untuk mendaki. Pendaki ada juga yang menggunakan jasa porter di gunung-gunung yang di sediakan di gunung tersebut dengan meraih kocek yang lumayan.


Keuntungannya Melakukan Kegiatan Daki Gunung Bagi Pendaki Pemula



  • Melatih otot kaki
    Dengan streching kecil atau olahraga dengan lari-lari pagi atau sore bisa memberikan otot kaki terasa lebih enak ketika digunakan mendaki. Otot kaki jika tidak pernah dilatih ketika mendaki dikhawatirkan terjadinya nyeri otot dan kram kemudian membuat cedera pendaki pemula.

  • Jaga kesehatan
    Kesehatan disini merupakan hal penting untuk pendaki karena kita tidak tahu kapan penyakit ini akan muncul dan kembali sakit bahkan tiba-tiba . Oleh karena itu sebelum mendaki kita harus mengerti kondisi tubuh dan sanggupkah mendaki dengan kondisi tubuh yang anda ketahui . Hal ini sangat penting karena kita tidak mau terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan. Untuk itu kalian bisa cek kesehatan kalian di tempat-tempat cek kesehatan seperti rumah sakit,puskesma dll. Ada gunung yang memberikan syarat pendaki untuk mempunyai surat keterangan sehat dari pendaki yang ingin mendaki gunung tersebut. Pendaki juga harus membawa obat untuk dirinya ketika dikhawatirkan muncul penyakit yang dimilikinya .


Beberapa Peralatan Yang Harus Disiapkan Oleh Pendaki Pemula


Peralatan gunung yang dibawa jelas untuk keadaan di gunung dan tidak seperti peralatan yang biasa. Terkadang pendaki membawa perlengkapan yang tidak perlu sehingga membuat berat pada bawaanya.


  1. Carrier (tas gunung)
    Kenapa harus tas gunung dan menggunakan tas biasa ? Karna jika menggunakan tas biasa dikhawatirkan tidak muat dan jebol, tas biasa juga bukan porsinya untuk mendaki . Jadi alangkah amannya menggunakan tas gunung .

  2. Sleeping bag (selimut tidur di gunung)
    Sleeping bag disini sudah disesuaikan dengan keadaan kita di gunung dan menyesuaikan keadaan tas dan muatan. Kondisi di gunung juga tidak seperti keadaan di kota-kota yang kita bayangkan akan panas dan biasa saja,  cuaca disana tidak bisa kita tebak dan selalu berubah-ubah dan sleeping bag disini bisa menjaga keadaan hangat untuk tubuh kita.

  3. Jaket gunung
    Kenapa harus jaket gunung tidak jaket biasa? Silahkan menggunakan jaket biasa akan tetapi cuaca di gunung kadang hujan kadang badai dan tidak bisa kita tebak. Kebanyakan pendaki meremehkan dan merasa kuat dengan keadaan tubuhnya . Jaket gunung yang baik sudah di desain dengan keadaan di gunung,baik itu hujan panas badai dan tentunya menjaga kita agar kondisi tubuh kita tetap hangat.

  4. Matras
    Matras disini untuk alas kita tidur di dalam tenda matras disini di desain dan mudah pada saat dibawa di dalam tas . Alas untuk tidur ini juga sangat enak digunakan untuk tidur di dalam tenda dan harganya relatif terjangkau.

  5. Tenda
    Tenda gunung atau camping ini menjadi sangat penting untuk pendaki karna tenda menjadi naungan kita disaat kita berlindung dari panas dan hujan. Tenda juga muat dengan berbagai ukuran ada yang 1 tenda muat 4 orang dan sebagainya . Biasanya tenda dibawa sesuai kebutuhan kelompok pendaki tersebut.

  6. Baju/ kaos
    Baju atau kaos yang kita bawa tidak usah terlalu banyak dan ribet . Pakaian yang kita bawa yang penting menyesuaikan dengan keadaan kita di gunung dan cukup untuk tas kita.

  7. Makanan dan minuman
    Makanan dan minuman wajib kita bawa karna kita di gunung makan dan bukan seperti tarzan. Jadi sesuaikan keadaan kelompok dan keadaan pendakian. Biasanya kita membawa makanan yang mudah dibawa dan dibuat . Intinya kita membawa kompor kecil dan gas kecil juga jika ada makanan yang harus dimasak di gunung.

  8. Tambahan lainya
    Untuk pemula kita bisa gunakan tongkat atau alat bantu lainnya yang bisa membantu dirinya di pwndakian jika tersesat dll. Pahami kondisi gunung yang mana keadaan gunung yang kita tuju tidak biasa harus melewati tahap-tahap yang harus kita selesaikan ada yang harus sesuai persyaratan pembayaran dll. Gunung juga mempunyai cara tersendiri untuk dihormati di desa tersebut atau masyarakat sekitar . Ada kalanya kalian harus mempercayai adanya arahan pembimbing gunung tersebut yang ada di basecamp. Kalian boleh tidak percaya pada mitos-mitos asalkan  tetap menghormati dan tidak melakukan perbuatan dan peraturan yang dianjurkan.